Beranda > Buku, SanaSini, Umum > 9 Matahari, Adenita

9 Matahari, Adenita

2008_12_12_02_29_18_Untitled-1Seperti halnya testimoni yang tertera di sampul buku,  buku ini adalah bacaan wajib untuk calon-calon mahasiswa, atau mahasiswa yang sedang berkuliah. Sebenarnya bagus juga dibaca oleh orang-orang yang sudah bekerja. Sebagai pecutan dan cermin untuk kita semua, bahwa mengejar impian dengan ketekunan dan ketabahan luar biasa adalah hal yang sangat-sangat dapat dicapai. Yup IMPIAN… kata yang bagi banyak orang adalah setara dengan “mimpi kali loe!!”
Banyak pesan-pesan moral yang memang terjadi di kehidupan kita… (hmmm..maksudnya terjadi di kehidupan saya,hehehe..)… seperti :

“IPK adalah point ke 17 dari 20 point menuju keberhasilan. Point pertama adalah Soft Skill. Soft Skill adalah kemampuan yang tidak terlihat yang diperlukan untuk menjadi sukses, misalnya kemampuan bekerja sama, kemampuan berorganisasi, percaya diri, kepribadian yang ramah dan integritas.”

lalu ada juga

“You can’t choose your family, but you can choose your friend to be your family”

lalu

“Ibarat sebuah tanaman yang tidak tumbuh subur di sebuah pekarangan, adalah sebuah pekerjaan yang melelahkan jika harus mengganti tanahnya. Solusinya, lebih baik memindahkan tanaman itu ke lahan yang lebih subur. Jadi jika memang tidak cocok, silahkan mundur secara teratur kemudian mencari tempat berkembang”

Coba cermati yang ini:

“Sebuah masalah terjadi karena sebuah tujuan, membuat mental dan jiwa menjadi tangguh”

dan yang ini:

Diantara batu-batu mulia yang sudah ada, harus ada yang jadi berlian. Mungkin kamu yang paling diasah untuk menjadi berlian itu dalam keluargamu.

“Diantara batu-batu mulia yang sudah ada, harus ada yang jadi berlian. Mungkin kamu yang paling diasah untuk menjadi berlian itu dalam keluargamu”

“Jika kuliah adalah sebuah institusi pembelajaran, maka pembelajaran yang utama adalah pembentukan karatker tersebut”

ini yang paling saya suka:
“Seorang pemenang adalah seorang yang berhasil menyelesaikan setengah pekerjaannya ketika orang lain sedang terlelap…”

Penggalan kalimat-kalimat diatas tidak terlalu terasa maknanya kalau Anda hanya membacanya begitu saja. Saya sarankan untuk membaca bukunya secara utuh, rangkaian cerita membuat makna-makna nya yang dalam menjadi mudah dipahami.

Paling pas untuk mengkritik mahasiswa-mahasiswa yang bermental menengadahkan tangan. Maksudnya yang begitu manjanya dengan selalu bergantung pada orang tua (btw, ini juga mengkritik saya sendiri ..hehehe..).. Saya teringat adik dari teman saya, yang saat ini dalam masa pendaftaran kuliah,  tapi sudah menghabiskan ratusan juta untuk hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan proses perkuliahannya, seperti beli mobil, motor, renovasi kamar kos yang disulap lengkap dengan AC-nya, beli laptop. Bayangkan, tempat kuliah saja belum ada yang keterima. Bahkan, disuruh untuk hunting brosur kuliah saja dijawab dengan “Malas ah, cari di internet saja juga bisa!!”…. Syukur alhamdulillah saat ini sudah keterima di salah satu perguruan tinggi ternama.. syukuuurr…

Rasanya dia perlu baca buku ini.

Seperti saya utarakan diatas, buku ini tidak melulu untuk mahasiswa yang akan/tengah berkuliah. Dilihat dari sisi perjuangannya, juga bisa diterapkan di kehidupan siapapun. Seperti pesan moral tentang tanaman diatas, bisa diterapkan dibidang pekerjaan. Seperti saya sekarang, perusahaan tempat saya bekerja sudah tidak dapat mengakomodasi rasa “berlari” saya. Well, saya resign..dan mencari tempat berkembang ditempat lain.

Saya beli di Gramed, seharga Rp. 55.000

Status buku ini adalah Highly Recomended.

Kategori:Buku, SanaSini, Umum Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: